Macam Macam Plafon dan kelebihannya

 Macam Macam Plafon dan kelebihannya

 

Macam Macam Plafon dan kelebihannya – Plafon adalah salah satu item penting ketika akan membangun rumah, pemilihan plafon yg tetap bisa menjadi daya tarik sendiri

 

Plafon atau langit-langit rumah bagian dalam adalah elemen yang bisa menjadi daya tarik untuk interior rumah tinggal. plafon sendiri berfungsi sebagai pembatas antara ruang atap dan ruang bawahnya. bahan dari plafon sendiri bermacam macam, seperti gypsum, triplek, dan pvc

tentunya dari beberapa bahan tadi , memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing. untuk itu sebelum membangun rumah alangkah baiknya perlu pertimbangan khusus untuk bagian langit-langit rumah ini.

lalu plafon sendiri bisa di model bermacam macam, seperti model flat ataupun drop ceiling.

berikut adalah jenis plafon dan penjelasannya :

1. Gypsum

Salah satu jenis plafon rumah yang paling banyak di gunakan adalah gypsum. Jenis plafon ini terdiri dari berbagai macam bentuk, seperti bertingkat atau kubah. Tak hanya memiliki bentuk yang unik, gypsum menjadi jenis plafon yang di jual dengan harga cukup murah.

Macam Macam Plafon dan kelebihannya

Namun kekurangan gypsum, yakni terletak pada daya serapnya yang tinggi terhadap air, sehingga beban akan bertambah dan plafon rumah jenis ini mudah bocor.

ketika terjadi kebocoran bahkan bisa menimbulkan noda coklat di langit- langit yang sering membuat estetika rumah menjadi terganggu atau berkurang

2. PVC

Jenis plafon yang populer dan paling banyak di gunakan selanjutnya, yaitu Polyvinyl Chloride atau PVC. Jenis plafon satu ini memiliki banyak kelebihan, seperti bobotnya yang ringan, tahan terhadap air dan api, anti rayap, dan memiliki bentuk yang unik dan stylish. Selain itu, PVC juga tersedia dalam beragam warna untuk di sesuaikan dengan konsep interior rumah. mulai dari motif kayu, polos, hingga abstrak.

Plafon PVC

Sementara itu, kekurangan dari plafon PVC yaitu harganya tergolong mahal dan tidak bisa di cat secara manual. Untuk itu, Anda harus memasang plafon rumah baru jika ingin mengganti warna.

bahan ini juga memiliki kelebihan untuk pemasangannya karena cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. lalu saat terjadi kebocoran tidak akan menimbulkan noda seperti pada bahan gypsum.

lalu juga ada model plafon seperti :

1. Flat

Model ini banyak di gunakan di rumah rumah, karena tidak rumit saat pengerjaannya dan menimbulkan kesan minimalis. plafon flat atau di sebut juga plafon datar konventional di pasang mendatar tepat dibawah rangka atap.

Plafon flat / datar

Cara memasang model plafon datar konvensional terbilang paling mudah di bandingkan tipe plafon lainnya. Plafon datar konvensional sudah dapat memenuhi fungsi-fungsi dasar plafon. Akan tetapi penggunaan plafon tipe ini akan menimbulkan kesan membosankan karena tidak ada sesuatu yang istimewa.

2. Drop Ceiling
Plafon Drop ceiling

Plafon ini merupakan kebalikan dari plafon Up ceiling, model ini apabila di lihat dari bawah menampilkan permukaan bidang yang sebagian besar akan turun. Jarak bidang yang diturunkan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan , sekitar 15-20 cm. Sebelum memilih plafon ini harus mempertimbangkan biaya pemasangannya. Umumnya biaya pemasangan lebih besar 30-40 persen dari pemasangan plafon datar biasa karena dalam pembuatannya memang lebih rumit.

3. Up Ceiling

Plafon up ceiling adalah satu jenis variasi bentuk plafon yang sebagian besar permukaannya terangkat keatas. Plafon jenis ini banyak di aplikasikan untuk medapatkan ruangan yang berkesan lebih lega. Selain itu bentuk up ceiling dapat di  buat lebih menarik dengan menambahkan unsur pencahayaan baik lansung maupun tidak langsung. Lampu halogen yang di tanam atau penggunaan LED Strips, pencahayaan pada plafon dapat di sembunyikan pada permukaan yang lebih rendah sehingga cahaya yang memantul lebih terlihat lembut.

Plafon Up ceiling

Nah itu dia Dewape Family tentang plafon mulai dari bahannya sampai model dan kelebihannya masing masing. semoga bisa membantu agar tidak lagi bingung saat akan memilih desain mana yang sesuai.

Selain melayani desain interior,  Dewape Desain juga melayani pembuatan produk – produk atau furniture untuk kebutuhan desain interior Anda. Salah satu yang bisa Dewape kerjakan adalah pembuatan Kitchenset, Backdrop, Meja Resepsionis, Meja Kerja, Bed Set, Rak TV, Partisi, Furniture, Wallpaper, Gorden, Kusen Alumunium, Lantai Vinyl, Parquet, SPC, Plafon PVC dan lain sebagainya.

Free konsultasi 

Gratis survei

Free desain 3D

Temukan kami di :

Alamat = Jl. Tirtojoyo 10 (samping Alfamart Genting)  Kel. Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Cek di Google Map = Ketik ” Desain Interior Dewape

Atau klik link berikut ini :

https://maps.app.goo.gl/JAcpqceEB5moivkWA

Lihat Koleksi desain dan project Dewape Design di bawah ini :

Instagram : https://www.instagram.com/dewape.id

Facebook = https://www.facebook.com/dewapedesign.dewapedesign

Fanspage = facebook.com/interiormalangdewape1

Tiktok = tiktok.com/@dewapedesign

Youtube = https://youtube.com/channel/UCulU2C6iThxrAd5KaGOZ5n

Twitter = https://twitter.com/Kitchensetawet

Desain Portofolio Dewape https://linkr.bio/dewape

 

Leave a Comment