Ukuran Kitchen Set Ideal untuk Dapur Minimalis: Tak Perlu Besar, Asal Fungsional!

Kitchen Set Minimalis Malang
Desain Kitchen Set Minimalis (Dewape Design)

Malang, Dewape Design – Kitchen set adalah bagian dari dapur yang terdiri dari kabinet, kompor, bak cucian, dan meja pengolahan makanan yang sifatnya permanen dan menyatu dengan ruangan. Karena itu, ukuran kitchen set harus disesuaikan dengan luas dapur dan tinggi penghuninya agar kegiatan memasak nyaman dan aman. Karena sifatnya permanen, hal ini harus kamu tentukan sejak awal, yaitu saat sedang membangun rumah baru atau merenovasi rumah.

Lalu, bagaimana cara mengetahui ukuran kitchen set yang ideal? Berikut ini, Kania akan membahas ukuran yang paling baik untuk setiap penghuni berdasarkan beberapa aspek. Yuk, simak ulasannya sampai habis!

1.  Tinggi Kitchen Set

Ada banyak kegiatan yang dilakukan menggunakan kitchen setmulai dari menyiapkan bahan, memasak, dan mencuci. Nah, karena kegiatan tersebut dilakukan sambil berdiri, maka ukurannya harus pas dengan tinggi badan penggunanya. Idealnya, ukuran kitchen set tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah supaya badan tidak terasa pegal. Tinggi perabotan ini juga membuat kamu lebih leluasa saat akan menempatakan rak dan troli dapur.

Umumnya, ukuran yang ideal memiliki tinggi sekitar 85 cm hingga 110 cm. Namun, kamu juga bisa menentukan ketinggian furnitur dapur ini berdasarkan tinggi pinggulmu.

2. Lebar Meja Dapur

Ukuran kitchen set bagian meja juga tidak kalah penting. Kamu tentu membutuhkan area yang luas untuk dapat mengolah bahan makanan, mencuci, dan meletakkan aneka bumbu di sudut meja secara leluasa. Untuk meja dapur, lebar yang ideal adalah 50 cm hingga 70 cm.

3. Lebar Meja Dapur

Ukuran kitchen set bagian meja juga tidak kalah penting. Kamu tentu membutuhkan area yang luas untuk dapat mengolah bahan makanan, mencuci, dan meletakkan aneka bumbu di sudut meja secara leluasa. Untuk meja dapur, lebar yang ideal adalah 50 cm hingga 70 cm.

4. Jarak Antara Kabinet Atas dan Meja Dapur

Perabotan ini umumnya dilengkapi dengan kabinet di bagian atas. Fungsinya untuk menyimpan aneka bumbu masakan dan peralatan makan. Jarak ideal antara kabinet dan meja dapur adalah 50 cm hingga 70 cm. Ukuran kitchen set yang ideal ini akan membuatmu lebih leluasa saat memasak dan lebih mudah juga untuk mengakses kabinet.

5. Lebar Kabinet Atas

Ukuran yang ideal untuk lebar kabinet atas adalah 35 cm hingga 50 cm. Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan kebiasaan menyimpan barang. Apabila kamu suka menyimpan stok bahan makanan dalam jumlah banyak dan memiliki koleksi alat makan, buatlah lebar kabinet atas sebesar 50 cm agar cukup untuk menampungnya.

Selain itu, pastikan juga kalau lebar kabinet atas tidak melebihi lebar meja dapur. Dengan demikian, kepalamu bebas dari risiko terbentur kabinet.

6. Luas Dapur

Setelah mengetahui ukuran yang pas untuk bagian-bagiannya, saatnya untuk menentukan ukuran kitchen set secara keseluruhan. Untuk dapur kecil, ukurannya bisa dibuat memenuhi satu bidang dinding. Apabila membutuhkan yang lebih besar, silakan pertimbangkan model kitchen set bentuk huruf L yang memenuhi dua bidang dinding.

Sementara itu, untuk dapur yang besar, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja, ukurannya cukup dibuat memenuhi 75% bidang dinding dan sisanya untuk keperluan lain, seperti untuk meletakkan lemari es, dekorasi, atau meja bar.

Demikianlah cara menentukan ukuran kitchen set yang ideal untuk setiap penggunanya. Kalau sudah paham dengan ukuran idealnya, memikirkan desain pun jadi lebih gampang.

Namun, kalau kamu tidak mau repot dan menghindari kesalahan, serahkan saja kepada tim interior desain Dewape. Dijamin desainnya efisien, multifungsi, dan pastinya sesuai dengan keinginanmu.

Hubungi Dewape Design sekarang! Kami menyediakan jasa desain interior dan exterior dengan harga terjangkau. Konsultasi GRATIS!

Kontak Kami:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *